gravatar

Video Bentrokan Kerusuhan di Makam Mbah Priok Koja Tanjung Priok

video bentrokan warga satpol pp kojaVideo Bentrokan Kerusuhan saat penggusuran makam mbah priok di daerah koja mewarnai liputan berita hari ini. Pagi tadi terjadi kerusuhan pada saat satpol PP akan menggusur kompleks makam mbah priok di daerah Koja Tanjung Priok. Bentrokan terjadi antara warga dan satpol PP yang berusaha merangsek ke dalam area makam mbah priok. Beberapa sumber menyebutkan bahwa satpol PP sudah mendapat instruksi untuk mundur. Akan tetapi, satpol PP justru tetap merangsek ke dalam kompleks makam. Hal tersebut memicu kemarahan warga.

Warga pun mulai melempari satpol PP dengan batu dan bom molotov. Satpol PP pun terus merangsek dan mengejar-ngejar warga. Bentrokan pun tidak dapat dihindari. Dalam liputan stasiun televisi, tampak seorang remaja yang sudah tidak berdaya malah dikeroyok oleh polisi. Beberapa warga lainnya pun menjadi korban kebrutalan dan premanisme petugas satpol PP dan aparat kepolisian. Dalam bentrokan tersebut juga tampak beberapa petugas satpol PP terkena sabetan senjata tajam dan lemparan batu. Bentrokan tersebut sempat berhenti.

Namun, sore tadi, bentrokan pun kembali terjadi. Warga yang sudah terlanjur marah juga menghajar beberapa petugas satpol PP. Tidak hanya petugas satpol PP yang menjadi bulan-bulanan massa. Beberapa kendaraan satpol PP juga dirusak dan dibakar. Bahkan, kerusuhan tersebut tidak hanya terjadi di area makam mbah priok. Bentrokan juga terjadi di depan Rumah Sakit.

Ketua FPI, Habib Rizieq, berhasil menjadi mediator. Beliau turun ke lapangan meskipun masih dalam keadaan sakit dan masih dalam perawatan dokter. Ternyata, kasus tanah makam mbah priok ini sudah dibahas sejak tahun 2004. Hasil mediasi tersebut mengharapkan petugas satpol PP ditarik dan area makam mbah priok dijadikan cagar budaya. Beliau juga berharap makam mbah priok mendapat SK agar mempunyai kekuatan hukum sebagai cagar budaya. Hal tersebut diharapkan agar tidak terjadi lagi bentrokan dan kerusuhan di Koja tanjung priok.









Related Posts: